Selasa, 28 Mei 2013

SEJARAH YAYASAN






SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA YAYASAN NURUL ULUM

          Dalam rangka meneruskan cita-cita bangsa dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia, pada tahun 1983 telah berdiri Madrasah Tsanawiyah (MTs)  Nurul Ulum dan berdiri pula Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ulum di wilayah Sukra Kecamatan Sukra (dulu berKecamatan Anjatan)  yang digagas oleh Bapak Haji Dalil Umar. Ketika itu, baik MTs maupun MI Nurul Ulum belum mempunyai naungan berbentuk yayasan. Pada tahun 1987, orang-orang terkemuka Desa Sukra mengadakan musyawarah untuk membentuk sebuah yayasan sebagai naungan dari lembaga pendidikan yang lebih dahulu berdiri. Setelah ada kesepakatan, Bapak H. Dalil Umar sendiri telah menjual 4 hektar sawah miliknya sendiri untuk dijadikan  modal awal pendirian yayasan, pada saat itu harga sawah perhektarnya masih Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah), jadi total menjadi Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah). Pada tahun yang sama tepatnya pada hari Sabtu tanggal 25 Juli 1987 orang-orang tersebut, diantaranya adalah : Bapak H. Dalil Umar, Bapak Abadi Hadiansyah, Bapak Werry Tobing Tombro (Kepala MTs. Nurul Ulum waktu itu), dan Bapak Shoffan Al-Faisal, mereka menghadap Notaris Bapak Soeharto Soewondo di Indramayu, untuk mengutarakan maksudnya, yaitu mengajukan sekaligus mendirikan yayasan.
          Setelah Yayasan berdiri dan mereka beri nama Yayasan Nurul Ulum dengan akta pendirian yayasan nomor 42 berdasarkan keputusan  Ketua Pengadilan Negeri Indramayu Nomor : W8.DX.UM.04.04.83-108, untuk pertama kali kepengurusan dipegang oleh :
Ketua                      : Bapak H. Dalil Umar
Wakil Ketua             : Bapak KH. Hasan Basri (sekarang almarhum)
Sekretaris                : Bapak Narita Supandi
Wakil Sekretaris       : Bapak Abdul Wahid
Bendahara              : Ibu Hj. Syamsiyah
Wakil Bendahara     : Bapak H. Hamzah




Pembantu/Anggota : 1. Bapak Werry Tobing Tombro
                              2. Bapak Abadi Hadiansyah
                              3. Bapak Shoffan Al Faisal (sekarang almarhum)
          Kiprah yayasan ini sangat besar sekali, terbukti dengan dibangunnya beberapa ruang kelas dan kantor dengan modal dari yayasan.
          Atas hasil kesepakatan bersama di antara para pengurus yayasan, maka pada tahun 2007 Yayasan Nurul Ulum digantinamakan menjadi Lembaga Pendidikan Ma’arif Nurul Ulum, yang sampai saat ini telah  mempunyai dan membawahi lembaga-lembaga pendidikan yang ada dalam naungannya diantaranya :
  1. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma’arif Nurul Ulum
  2. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ulum
  3. Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Nurul Ulum.
Berdasarkan Undang-undang th.2008 bahwa akta-akta yayasan yang telah ada perlu diadakan pemutihan kembali untuk membuat akta yayasan yang baru.
          Demikian sejarah singkat berdirinya Yayasan Nurul Ulum sebagai bahan pertimbangan sebagaimana mestinya.

                                                                      
                                                                Sukra,  16  Nopember 2010
                                                                                Ketua,


                                                                        H. DALIL UMAR





         






















Tidak ada komentar: